Blog Kesehatan Dan Kecantikan

Cara Terbaik Untuk Mengatasi Penyakit Influenza Dan Sinus


www.Cara Terbaik Untuk Mengatasi Penyakit Influenza Dan Sinus

Ketika kita mendengar kata influenza biasanya orang langsung akan mengaitkannya dengan penyakit diremehkan karena gejalanya hanya memunculkan hal seperti, batuk, pilek, atau demam. Padahal, penyakit adalah salah satu penyakit yang sangat membahayakan, karena bisa menular dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius, terutama bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya sangat rendah.

Virus influenza ini juga sangat sering bermutasi sehingga seringkali menyebabkan kejadian yang luar biasa, baik yang berupa epidemi maupun pandemi, diantaranya adalah seperti, kasus flu burung H5N1 atau flu babi H1N1.

Setiap tahun virus ini selalu mengalami evolusi. Serangannya beragam macam sesuai strain atau jenis virusnya, yang dikata oleh beberapa anggota Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI.

Evolusi virus flu ini dapat menyebabkan antigen yang terdapat pada permukaan virus bisa berubah secara periodik sehingga mampu untuk menghasilkan subtipe seperti virus baru. Jika virus baru tersebut mampu menular secara efesien antar manusia, maka kejadian ini bisa terjadi pandemi.


Penularan virus ini sangat mudah terjadi dengan melalui udara dan percikan ludah kontak langsung dari seseorang yang sedang terinfeksi. Jadi masa inkubasi umumnya dua hari, akan tetapi bisa bervariasi antara 1 sampai 4 hari. Berat atau ringannya influenza tergantung virulensi virus dan pengalaman imunologis terdahulu dengan varian virus yang sedang bersangkutan.

Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan suntik vaksin flu, baik ketika usia yang masih anak, dewasa, maupun ketika sedang berusia Lanjut.

Seperti Vaksin influenza merupakan salah satu jenis vaksin mati (inactivated vaccine). Jadi untuk anak, vaksin seperti ini wajib untuk diberikan pada anak yang usia di atas 6 bulan. Tadinya vaksin ini hanya bisa ditujukan untuk orang yang berusia di atas 50 tahun, atau dewasa dengan pencegahan penyakit jantung, paru kronik, atau metabolisme. Vaksinasi influenza ini juga sangat disarankan untuk wanita hamil pada trimester berapapun dan yang akan mengandung saat musim flu.

Nah, untuk orang dewasa sebaiknya pemberian vaksin influenza wajib untuk diulang dalam setiap tahun. Karena setiap vaksin ini akan menghasilkan sumber daya tahan untuk tipe virus influenza yang tertentu. Jenis suntikan dan strain yang sudah beredar ditentukan oleh WHO. Seperti suntikan vaksin ini akan menghasilkan 80% perlindungan.

Bagi mereka yang akan berangkat haji, juga sangat penting untuk melakuakan suntikan vaksin, dan sebaiknya perlu diberikan minimal 2 minggu sebelum Anda sampai dilokasi haji. Karena hal ini disesuaikan dengan jangka waktu virus terbentuk. Jadi seperti suntikan vaksin ini sebaiknya perlu diulang dalam waktu satu kali tiap tahun agar mampu untuk membangun kekebalan tubuh terhadap virus influenza.

Gejala klasik influenza ditandai dengan adanya kejadian seperti demam tinggi (38-40 derajat celcius), juga nyeri otot, nyeri tenggorokan, batuk, dan nyeri kepala. Anggapan semua orang jika ada yang timbul disetiap gejala seperti batuk, pilek, dan demam hal itu menunjukan terjadinya penyakit influenza. Kemudian gejalah lainnya yang bisa disebabkan oleh infulenza seperti respiratory syncytial virus, rhinovirus, atau adenovirus.

Jadi penyakit seperti infuleza sangat perlu untuk kita waspadai, dan tidak bole untuk diremekan, karena hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit yang sangat membahayakan dan sering terjadi pada sebagian orang seperti, penyakit sinusitis. Sinusitis adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pernapasan yang ketika pada saat kambuh akan sangat mengganggu Kita, khususnya pada di malam hari.

Penyakit ini hampir sama dengan gejala infuleza, karena kejadianya juga akan merasakan tersumbatnya hidung hingga bersin yang tidak kunjung berhenti. Jadi dengan hal ini Kita semua wajib dan penting untuk mengetahui cara membedakan gejala-gejala dari penyakit tersebut.

Akan tetapi jangan hanya mengetahui gejala-gejala penyakit tersebut. Anda juga perlu untuk mengetahui tentang cara meredakan atau mengatasi terjadinya penyakit seperti ini. Penjelasan seperti yang tertulis diatas juga adalah salah satu cara yang tepat untuk menghidari penyakit ini. Karena ketika kita ruti untuk menjaga kebersihan dan melakuakan hal seperti suntik vaksin, mampu untuk mencegah terjadinya penyakit seperti infulensa, sinusitis dan lainnya. Tetapi ada juga yang menggunakan operasi sebagai cara penyembuhan penyakit sinusitis, ketika penyakit ini sudah menyerangnya.

Melakukan hal seperti operasi untuk meredakan penyakit ini, adalah cara yang akan memakai biaya yang tidak murah. Jadi Bagi orang yang terserang penyakit ini akan tetapi tidak mampu untuk menjangkau biaya untuk melakuakan operasi agar bisa sembuh. Apakah dengan hal itu akan membuat orang yang tidak bisa untuk melakukan operasi tidak bisa untuk sembuh dari penyakit ini? Nah, untuk itu Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kita lakuakan untuk meredahkan penyakit sinus.

Berikut Penjelasan Ada Beberapa Cara Sederhana Yang Mampu Untuk Meredakan Dan Mengatasi Penyakit Sinusitis

www.Cara Terbaik Untuk Mengatasi Penyakit Influenza Dan Sinus

- Melakukan olahraga

Berolahraga adalah sebuah hal yang sudah sangat dipercaya untuk bisa menyehatkan tubuh kita, dan ternyata manfaat berolahraga juga sangat diperlukan untuk bisa membantu meredakan sinus yang terjadi pada Anda. Akan tetapi didalam ini hanya dibutuhkan olahraga yang ringan seperti, berlari-lari dengan jarak yang tidak jauh, relaksasi dan olahraga ringan yang lain sebagainya. Jadi dengan itu, dapat membantu Anda untuk penyembuhan hidung yang tersumbat karena sinus.

- Mandi dengan air panas

Seperti uapan dari air panas adalah salah satu cara yang dapat mengurangi gangguan sinus, karena jika kita mandi dengan menggunakan air panas mampu untuk melegakan pada bagian tubuh kita yang tidak nyaman. Jadi untuk cara alternatif yang bisa juga untuk kita lakukan seperti, Anda hanya perlu meminum atau menghirup upan segelas air panas

- Mengompres dengan menggunakan air panas

Ketika penyakit sinus ini sudah membuat Anda merasakan sakit pada bagian kepala, segeralah melakukan hal seperti merendam kain keair panas kemudian berbaring lalu meletakkan kain yang sudah direndam pada bagian hidung Anda. Yakin kompresan dengan menggunakan air panas, dapat membantu untuk menyehatkan bagian hidung Anda, dan bisa meredakan rasa sakit yang terjadi pada bagaian kepala anda.

- Resep semprotan dari dokter

Jika sinus Yang Anda rasakan makin memburuk meskipun sudah melakukan semua cara yang sudah diterapkan seperti dengan tulisan yang ada diatas. Segeralah berkonsultasi pada dokter agar bisa diatasi secepatnya.

Terkadang dokter biasanya memberikan resep seperti melakuakan semprotan hidung, Karena dengan hal itu mampu untuk pemperkecil jaringan pembengkakan yang terjadi pada hidung Anda, selain itu juga dapat membersihkan hidung yang tersumbat, karena penyakit sinusitis

Demikian dengan penjelasan ini semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih
Tag : Influenza, Sinus

Back To Top