Blog Kesehatan Dan Kecantikan

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal Dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

Menjaga Kadar Kolesterol Normal dalam tubuh sangatlah penting, orang tidak mungkin bisa hidup tanpa kolesterol, tetapi kolesterol yang berlebih akan berakibat buruk.

Sebab orang yang punya penyakit kolesterol sangat rentan dengan serangan stroke dan jantung yang merupakan salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia.

Kolesterol adalah salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan energi. Dalam dunia medis, dikenal 3 istilah kolesterol yaitu kolesterol total, LDL dan HDL.

Secara umum kolesterol total pada orang dewasa normalnya sekitar kurang dari 200 mg/dl. Sedangkan jika 200-239 mg/dl, artinya mengkhawatirkan. Dan jika lebih dari 240, itu artinya berbahaya.

Sedangkan untuk kolesterol LDL (istilah untuk kolesterol jahat) normalnya adalah kurang dari 100 mg/dl. Jika 100-129 mg/dl masuk kategori melebihi normal. Jika 130-159 mg/dl termasuk mengkhawatirkan. 160-189 termasuk buruk. Sedangkan lebih dari 190 termasuk sangat buruk.

Kalau untuk kolesterol HDL ukurannya jauh lebih rendah, jadi untuk tipe ini, seperti kolesterol yang kurang dari 40 mg/dl termasuk buruk (rendah).
Dan kolesterol HDL yang berukuran 41-59 mg/dl adalah ukuran yang masih termasuk mengkhawatirkan dan yang paling bagus adalah di atas 60 mg/dl. Kadar kolesterol hanya bisa kita ketahui, jika dengan menggunakan alat-alat dari detektor, kadar kolesterol tinggi ditandai dengan seringnya merasakan pegal pada tengkuk leher belakang, kesemutan, migrain dan persendian terasa sakit.

Berikut Penjelasan Ada Beberapa Cara Menjaga Kolesterol Akan Tetap Normal

Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal



Cara untuk menjaga kolesterol tetap normal adalah dengan gaya hidup sehat. Yaitu makan makanan yang sehat dan olahraga teratur. Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar risiko kelebihan atau kekurangan kolesterol bisa diminimalisir. Karena kolesterol tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

1. Adalah ikan,
karna kandungan omega 3 dalam ikan bisa mencegah berbagai penyakit jika dikonsumsi secara teratur, dan omega 3 juga bisa membantu mengurangi risiko pengentalan darah yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

2. Kayu manis,
Ekstrak kayu manis sangat ampuh untuk menurunkan jumlah kadar trigliserida, LDL, dan kolesterol total serta menurunkan kadar gula dalam darah yang dialami oleh penderita diabetes studium 2. Sehingga kayu manis ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Adalah kacang-kacangan
Di dalam kacang-kacangan juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas.

4. Adalah buah dan sayuran.
Kedua jenis makanan ini juga sangat membantu dalam menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh, karna buah yang bisa menurunkaan kolesterol adalah adalah anggur, apel, dan apricot. Sedangkan untuk jenis sayuran yang disarankan adalah sayur yang mengandung serat tinggi seperti bayam, daun ubi.


5.Minyak zaitun.
Minyak zaitun juga adalah bahan yang dipercaya untuk  menurunkan kadar kolesterol, dan bahan ini bisa kita gunakan juga apabila anda sedang mengalami kolesterol tinggi.

Berikut Penjelasan Ada Beberapa  Makanan Yang Berbahaya Yang Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol.


Dan ada beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol, dan makanan seperti ini harus dihindari.  Makanan yang mengandung banyak lemak seperti kulit dari daging apa saja, goreng-gorengan, kuning telur, susu berlemak tinggi, kerang, kepiting, udang, belut, cumi-cumi, otak sapi, seafood, keju dan sosis.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Yang Berlebihan.



Untuk menurunkan kadar kolesterol yang sudah berlebih dalam tubuh, adalah dengan cara berolahraga teratur dan makan makanan yang bisa menurunkan kolesterol.

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga aerobik dan lari-lari ringan. Lakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Sedangkan makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol adalah buah mengkudu, buah sukun, kulit manggis, bawang putih, biji rami, daun dewa, sarang semut dan makanan yang kandungan likopennya tinggi seperti tomat dan semangka. Konsumsilah secara rutin disertai dengan berolahraga. Dengan begitu, kadar kolesterol bisa cepat turun.

Demikian artikel tentang menurunkan dan menjaga kadar kolesterol tetap normal, bisa bermanfaat untuk kita semua, dan cara ini bisa menjadi contoh yang baik, bisa kita lakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Terima Kasih.
Tag : Kolesterol

Back To Top